15 July 2013

Euphoria Ramadhan terasa berbeda.

Pertama-tama gue mau ngucapin..


SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA BAGI YANG MENJALANKAN...
Semoga dibulan ramadhan kali ini, kita senantiasa diberikan berkah yang melimpah,  AMIN.


MARHABAN YA RASTAMAN!!


Di bulan puasa kali ini gue banyak merasakan Euphoria yang berbeda, jauh berbeda dengan bulan puasa dulu waktu jaman gue kecil. Dulu setiap habis sahur gue selalu keliling komplek main petasan bareng temen-temen sepermesuman, gue juga sering ngelempar petasan kerumah om-om galak yang punya anjing, kemudian anjingnya lepas, ngejar gue dan gue nangis. iya gue emang nakal dan cengeng. Setiap malam gue selalu perang sarung sama anak-anak komplek sebelah. dan saat perang sarung itu berlangsung gue memiliki peran yang sangat penting, gue selalu ngebacot teriak-teriak paling keras dibagian depan. kemudian ngumpet setelah perangnya berlangsung. sambil tepuk tangan, melihat kawan-kawan gue berjatuhan kesabet pecut dari sarung.

"WOY MAJU LOO!! GUE ANAK KAMPUNG KOPERASI NIH, LU KAMPUNGAN CILAYU MAJUUUU SINI LU SETAAN!!" Sehabis jerit-jerit gue ngumpet disemak-semak.


Berbeda halnya waktu gue SMA, gue Sambas dan Baim sering banget nongkrong sehabis buka puasa, iya kita emang kafir, jarang teraweh. Dan begonya lagi, kita bertiga sering banget perang sarung sama bocah-bocah SD disekitar tongkrongan.

"WOY MAJU LO SINI!!" Baim jerit-jerit

"BACOT LU BANG, SINI ELU YANG MAJU" Jerit bocah2 SD

"Wah.. Anjir lu nangtangin gueh" Baim muter-muterin sarungnye

"AAAAAAAAK LARII AAAAAAAK!! ADA ORANG GILA!!!" Anak-anak SD itu kocar kacir

"Selow im, gue bantuin.." Gue ikutan.

"MAJU NDIL !!!" Perintah baim.

"LU AJE SONO AMA CENTONG!" Kata gue kesel

Baim berlari untuk menangkap bocah-bocah SD yang kocar-kacir diubek-ubek si Baim. terdengar sebuah lantunan lagu yang cukup merdu di telinga.

"OLANG GILAAA.....OLANG GILAAAAA.....OLANG GILAAAAAA" Kata bocah2 SD itu.




***********

Bukan cuma perang Sarung, gue inget banget waktu dulu di SMA ada yang namanya pesantren kilat, entah kenapa namanya pesantren kilat, mungkin dia punya slogan. "Setajam kilaaat" (silet ndil silet..). Dulu, Gue Baim dan Sambas sering banget beli petasan buat ngebom sekolahan gue, jadi pesantren kilat itu diadakan disekolah gue (menginap) nah karena gue, Baim dan Sambas Kafir semua, jadinya kita bertiga CABUT Sanlat. Nah pada saat malam hari, baru kita beraksi. Para peserta sanlat yang kebanyakan bocah2 alim itu sedang bertafakur dilapangan.

"AWASSS ADA ALIEN JATOH!!" Jerit gue sehabis ngelempar petasan korek dari luar pagar sekolah

DOR DOR DOR!!

"BAHAHAHA MISSION SUKSES" Kita bertiga kabur 

Abis itu kita dikejar satpam sekolah, ketangkep, besoknya masuk ruang konseling, dasar kafir..


Jujur aja, gue pun merindukan zaman-zaman jahiliyah seperti itu, zaman dimana Euphoria Ramadhan terasa sangat dasyat bergelora dihati gue, sangat berbeda dengan Ramadhan yang sekarang. perang sarung sih masih ada, paling perang sarung antara Sevel versus Lawson, atau Indomaret versus Alfamart.


"WOY ANAK SEVEL MANA LO? GUE ANAK LAWSON NIH!!" *sambil pecut-pecut*

"Ampun bang, ampun gue anak Hypermart bang, anak Hypermart cinta damai.."


Atau


"WOY ANAK LAWSON MANA LO? GUE SEVEL TEBET NIH!!" *sambil pecut-pecut*

"Eh bocah, gue anak Starbucks, mau ape lo?"

"Eh.. maap bang, maap.."

Atau


"WOY ANAK SEVEL MANA LO???" *sambil muterin sarung buntel*

"Gue anak yatim bang.."

"........"


Jelas kan perbedaan Ramadhan dulu dan sekarang?



Jujur gue lebih merindukan ramadhan dulu dibanding dengan ramadhan yang sekarang, oke kali ini gue SERIUS (jangan sampe jadi Seribelle) Dulu gue setiap sahur, sangat bersemangat ngebangunin orang-orang sahur pake pentungan, Sekarang? adik gue sendiri lebih memilih mainan Tab jam 2 pagi ketimbang bangunin orang sahur. jujur aja, gue sedih liatnya..


"Dek, kamu nggak mau bangunin orang2 sahur?" Tanya gue ke Apis

"Nggak mau ah, mending gue main farmville"

"......."

dasar bocah zaman sekarang (--,)


**********

Suatu malam, diwarung kopi, menjelang sahur..

"Mbas.. puasa besok?" tanya gue

"Puasa lah, jam 12 buka tapi, soalnya kata mama aku masih kecil, anak kecil kan boleh puasa setengah hari." Jawab sambas dengan wajah tololnya

"Yee monyet, Cabut yuk udah mau sahur nih. tuh mesjid aja udah pada teriak2 bangunin sahur"

"Iya bentar, itu semua mesjid ngingetin sahur, kan gue jadi bingung mau ngikutin yang mana, kalo gue ngikutin mesjid Al-Mutaqin Ntar mesjid Al-Huda ngambek lagi sama gue"

"BANGSAT AH!" gue ngakak

"Lo dengerin aja deh, orang bangunin sahur itu aneh-aneh ya, kemarin dimesjid rumah gue, ada yang pake intonasi butiran debu.."

"AKU TERSAHUR DAN TERSAHUR.. SAHUR LAGIII? KUBANGUN SAHUR DALEM LAUTAN SAHUR DALAM? gitu?" kata gue nyoba praktekin

"Iya gitu.. tolol ya?" tanya sambas

"Iya elu lebih tolol tapi hahaha"

"Pengen dah bangunin warga dimesjid ngomong 'SAHUR anjeeeeeng sahuuur goblook keluarga apaan lu kaga mau sahuuuur!"

"........"

Saat itu juga rasanya pengen gue siram kopi panas ke mukanya (--,)

Ramadhan, adalah bulan yang sangat dirindukan, bulan penuh berkah. semakin tahun euphorianya semakin nggak berasa, apa mungkin cuma gue yang ngerasain bedanya? entahlah.



udah ya, gue mau tidur dulu. tolong bangunin H-1 idul fitri. thanks.

4 comments:

  1. Haha ada aja ya kerjaan lo dulu pas SMA, kafir emang. Jadi semakin tua umur, kebahagiaan juga semakin berkurang ? Hmm sayang berarti kalau SMA cuma 3 taun gitu ? Hahaha

    ReplyDelete
  2. ''SAHUR anjeeeeeng sahuuur
    goblook keluarga apaan lu kaga mau
    sahuuuur!"
    itu si Sambas tolol ato begimana si bang?! bhahahahakk xD

    ReplyDelete
  3. Yeah, I miss that moment too. :'). Semakin gede, semakin kurang greget bang hahaha

    ReplyDelete
  4. bangke emang lu ndil!
    "marhaban ya rastaman" ngakak taeeee haha

    kunjungin blog gue yaa ( broceker.blogspot.com )

    ReplyDelete